Guideline Pengerjaan Soal UTS Agama Islam
Versi 1
Ø Pilih salah satu Tema (harus sesuai bagian kelompok nya masing-masing)
- Menuju Tuhan dengan Beragama yang Baik
- Iman, Islam, dan Ihsan dalam Perspektif Cinta
- Mental Health melalui Bertasawuf
- Membangun Interaksi Ideal Bersama Alquran
- Metodologi Studi Islam
- Pentingnya Moderasi Beragama
- Membumikan Islam di Indonesia melalui Akulturasi Budaya
- Kegiatan Ekonomi dalam Perspektif Islam
- Menegaskan Identitas Muslim di Era Global
- Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam Perspektif Islam
- Politik dalam Islam
- Pandangan Islam tentang Kesetaraan Gender dan Kekerasan Seksual
- Membangun Keluarga Harmonis melalui Pernikahan
Ø Ketentuan Umum
- UTS Individu bukan kelompok
- Jenis soal: Opini tertulis minimal 1000 kata dan Membuat Video Sosialisasi hasil Opini tersebut via Reels Instagram atau Tiktok
- Format:
- Pendahuluan
- Isi (Permasalahan, Fakta, Solusi)
- Hubungan dengan SDGs à https://localisesdgs-indonesia.org/17-sdgs
- Kesimpulan
- Gunakan bahasa formal, jelas, dan argumentatif.
- Jika menggunakan data atau kutipan, cantumkan sumbernya secara singkat.
- Maksimal pengumpulan : 31 Oktober 2025 di LMS SiDia
Ketentuan Tambahan:
Gunakan referensi yang valid dan terbaru.
Gunakan bahasa yang persuasif dan logis.
Hindari mengulang informasi yang sama secara berlebihan.
Periksa kembali ejaan dan tata bahasa.
Sertakan minimal satu paragraf khusus yang membahas SDGs secara eksplisit.
LAMPIRAN
Contoh kerangka Opini
(ini kerangka, bukan opini, buat memudahkan ide saja)
Contoh judul : Pentingnya Moderasi Beragama dalam Mewujudkan Keharmonisan Sosial dan Mendukung Pencapaian SDGs
A. Pendahuluan
- Definisikan apa itu moderasi beragama.
- Jelaskan mengapa moderasi penting di Indonesia yang plural.
- Sebutkan tujuan opini: mengangkat pentingnya moderasi beragama dan kaitannya dengan pencapaian SDGs.
B. Permasalahan yang Sedang Tren
- Jelaskan fenomena intoleransi, diskriminasi, dan radikalisme yang terjadi.
- Berikan contoh kasus yang relevan dan sedang tren.
- Jelaskan dampak negatif masalah ini terhadap masyarakat dan pembangunan.
C. Fakta di Lapangan
- Sajikan data resmi atau hasil riset terkait intoleransi dan radikalisme.
- Gambarkan peran media sosial dalam penyebaran paham ekstrem.
- Contoh keberhasilan komunitas dalam menerapkan moderasi beragama.
- Peran tokoh agama dan pemerintah dalam mengatasi masalah.
D. Solusi
- Pendidikan inklusif yang menanamkan nilai toleransi dan moderasi sejak dini.
- Dialog antarumat beragama dan kolaborasi lintas komunitas.
- Peran media dalam penyebaran pesan damai dan melawan hoaks.
- Kebijakan pemerintah untuk mendukung kebebasan beragama dan menolak intoleransi.
- Ajakan kepada masyarakat untuk aktif menjaga kerukunan.
E. Hubungan dengan SDGs
- Pilih salah satu atau beberapa aspek SDGs yang relevan, misalnya:
- SDGs 16 (Perdamaian, Keadilan, dan Kelembagaan yang Kuat)
- SDGs 4 (Pendidikan Berkualitas)
- SDGs 10 (Mengurangi Ketimpangan)
- Jelaskan bagaimana moderasi beragama membantu pencapaian tujuan SDGs tersebut.
- Berikan contoh konkret hubungan antara moderasi dan pembangunan berkelanjutan.
F. Kesimpulan
- Ringkas kembali pentingnya moderasi beragama.
- Tegaskan peran bersama seluruh elemen masyarakat dalam menerapkan moderasi.
- Tekankan kontribusi moderasi terhadap pembangunan berkelanjutan dan harmonisasi sosial.
G. Link Membuat Video Sosialisasi hasil Opini via Reels Instagram atau Tiktok (jangan di private)
- Buat video reels atau Tiktok terkait opini yang telah dibahas. Menampilkan muka atau animasi atau karikatur. Harus menggunakan suara asli.
- Minimal durasi 90 detik
- Tuliskan link hasil sosialisasi opini yang telah di share via reels instagram atau Tiktok (harus bisa diakses public)
- Gunakan hastag #Islamic_Moderate
F. Thumbnail atau Gambar yang menggambarkan Tema (ukuran 3x3cm)
- Sertakan gambar atau thumbnail yang mewakili opini tersebut. Boleh foto diri sendiri atau karikatur atau apapun.
Template Pengerjaan UTS Agama Islam
Opini minimal 1000 kata
Nama :
NIM :
Kelas :
Tema :
Judul :
Email :
WhatsApp :
A. Pendahuluan
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
B. Permasalahan yang Sedang Tren
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
C. Fakta di Lapangan
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
D. Solusi
......................................................................................................................
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
E. Hubungan dengan SDGs
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
F. Kesimpulan
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
.......................................................................................................................
G. Link Membuat Video Sosialisasi hasil Opini via Reels Instagram atau Tiktok (jangan di private)
..............................................................................................................................
H. Thumbnail atau Gambar yang menggambarkan Tema (ukuran 3x3cm)
..............................................................................................................................
- - - - -
-----------
%%%%%%
--------------
Pilihan UTS VERSI 2
Spesial nih ye,
Buat yang ingin versi lain yang lebih simpel.
Karena UNESA adalah rumah para juara, maka Temen2 mahasiswa diperbolehkan untuk memilih UTS Versi Perlombaan Islam
Gimana tuh konsep nya?
1. Temen2 harus List Nama terlebih dahulu di Grup WhatsApp Agama Islam, maksimal pendataan hari kamis 16 Oktober pukul 23.59
2. Secara individu atau kelompok mengikuti lomba apapun yang ada unsur Islam nya minimal tingkat Nasional, boleh banget tingkat Internasional
3. Tidak perlu unggah Tugas UTS di LMS, karena Temen2 akan dikawal langsung oleh Dosen Pengampu sekaligus Dosen Pembimbing
4. Harus dibuktikan dengan sertifikat keikutsertaan atau Screenshot mengikuti perlombaan
5. Jika juara, maka otomatis nilai Diskusi dan UTS auto FULLLL.
Mau pilih versi 1 atau 2?😊
